Family Blog

Keluarga Bahagia

Cara Menghitung Usia Kehamilan

usia kehamilanPengetahuan akan Menghitung Usia Kehamilan masih banyak kurang dipahami oleh para ibu hamil. Padahal hal ini merupakan hal penting untuk dapat mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalani. Dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui perkembangan atau pertumbuhan organ apa yang sedang terjadi pada janinnya, kebutuhan apa yang diperlukan oleh janinnya dan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama usia kehamilan tersebut. Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui kapan jadwal pemeriksaan yang harus dilakukan baik ke dokter maupun ke bidan, sehingga dengan demikian diharapkan kehamilanyang sedang dijalani menjadi sehat dan menghasilkan buah hati yang berkualitas.

Selama ini kebanyakan untuk dapat menghitung usia kehamilan masih mengandalkan para ahli baik dokter atau bidan, memang hal ini merupakan yang dianjurkan demi ketepatan penghitungan usia kehamilan. Selain itu, biasanya menghitung usia kehamilan dilakukan dengan menggunakan usg, yang memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, ginjal dsb. Namun, tidak ada salahnya ibu hamil mengetahui cara menghitung usia kehamilan yang dapat dilakukan sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ibu hamil untuk menghitung usia kehamilannya yang memiliki tingkat akurasi yang baik, diantaranya berdasar kepada:

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Untuk dapat menghitung usia kehamilan anda berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari). Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.
contoh:
Jika HPHT anda adalah 16 nov 2008, maka:
16 -11 – 08
+ – +
7 3 1
23 – 8 – 09 (ini tanggal HPL)

Jadi taksiran waktu kelahiran anda adalah tanggal 23 agustus 2009, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember , berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan …dst.
Untuk Hari Perkiraan Lahir sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.

Tinggi Puncak Rahim

Cara menghitung usia kehamilan dengan metode tinggi puncak rahim adalah dengan meraba puncak rahim yang menonjol di dinding perut. Penghitungan dimulai dari tulang kemaluan sampai puncak rahim. Misalnya, jika jarak antara tulang kemaluan sampai puncak rahim adalah 18 cm, berarti kehamilan anda berusia 18 cm. Penghitungan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan jari tangan. Setiap kenaikan 3 jari tangan menunjukkan pertambahan usia 3 minggu. Jika puncak rahim sudah berada di atas pusar, kenaikan jari menunjukkan pertambahan usia 4 minggu.
Namun, menghitung usia kehamilan dengan cara ini sudah jarang dilakukan.

Selain kedua cara tersebut di atas, sebetulnya ada dua cara lagi yang dapat dilakukan yaitu dengan mendeteksi denjut jantung janin pertama kali dan deteksi gerakan janin pertama kali. Namun untuk kedua metode ini tingkat akurasinya kurang, karena denyut jantung janin dan gerakan janin untuk pertama kali masih lemah, sehingga menyulitkan untuk medeteksinya.

About these ads

November 16, 2009 - Posted by | Kehamilan

9 Komentar »

  1. salam/…aku pengen punya anak yang sehat dan sempurna…usia kehamilanku sudah 20 minggu,tapi jarang sekali saya merasakan gerak-gerak dalam kandunganku.apakah memang belum maksimal bergeraknya??dan sebaiknya apa yang saya harus saya lakukan??terus makanan2 yang bagaimana yang sy harus konsumsi??

    (gerakan janin biasanya dapat dirasakan di usia kehamilan 20-22 minggu, semakin usia kehamilan bertambah gerakan janin semakin kuat. USG salah satu cara untuk melihat gerakan janin. Mungkin ibu baru kehamilan pertama, jadi belum mengenali betul gerakan si kecil. Makanlah makanan yang kaya akan protein, vitamin, asam folat, zat besi, kalsium serta kalori seperti daging merah, ikan, keju, susu, brokoli, bayam, jus jeruk, tahu, kacang-kacangan, beras merah, kentang, daging ayam, hati ayam, kerang, telur dll). Perbanyak konsumsi air putih, teh atau jus buah. Perdengarkan musik (klasik) dengan menempelkan headphone diperut dg suara yang tidak terlalu kencang dan bacakan dongeng sebelum tidur dengan mengelus-ngelus perut)

    Komentar oleh hasma | Desember 1, 2009 | Balas

  2. saya mau tanya klau misalnya kita telat mens bru 1~3hari ko blm ktaun hmil/blm knp y tlng d jlskn?thx y

    (telat haid bukan berarti hamil. ada beberapa faktor yang menyebabkan haid jadi telat:1. karena kehamilan 2. karena stress 3. karena siklus haid memang tidak teratur (28 hari normalnya) 4. karena kelelahan 5. karena suatu penyakit tertentu 6. dll. ada juga kasus telat 1 – 2 minggu haidnya belum tentu kehamilan terjadi. coba baca tanda-tanda kehamilan mungkin ada manfaatnya sedikit. jadi, coba tunggu selama 1 minggu baru lakukan “test pack”, jika kurang yakin periksakan ke dokter)

    Komentar oleh chandra | Desember 13, 2009 | Balas

  3. saya telat 1 bln tpi sdh mnglmi kpthn apkh saya hamil?
    (untuk mengetahui hamil atau tidaknya, bukan hanya faktor luar saja yang menjadi acuan, Ibu juga harus memeriksakan faktor internalnya juga, yaitu periksa dalam)

    Komentar oleh ika | Januari 15, 2010 | Balas

    • sudah diperiksakan belum bu masalah telat haid nya? keputihan yang berbau dan gatal segera diperiksakan, hal tsb merupakan suatu penyakit.

      Komentar oleh aal | April 1, 2010 | Balas

  4. Saya haid terakhir adalah 25 Februari 2010. Berarti jika tgl HPHT pada tanggal haid harus ditambah dengan 7, maka berarti tanggal 32 donk…. Sedangkan kalender hanya maksimal tanggal 31. Bagaimana untuk kasus ini??
    (jika ketemu tanggal kalender pada bulan yang tidak ada, iya ibu harus ke bulan berikutnya, jika tidak ada 32 berarti yang tanggal 1 untuk bulan berikutnya :P ).

    Komentar oleh Vinny | Maret 16, 2010 | Balas

  5. saya mempunyai siklus haid yg panjang (+/- 35 hr), bagaimana perhitungannya?

    Komentar oleh fitria | Mei 5, 2011 | Balas

  6. saya skrg sedang hamil usia 22 minggu,,,kmrin sy sempat periksa kedokter katanya bayi saya sungsang…apakah akan berpengaruh disaat mnuju kepross klahirannya nanti…tolong penjelasannya

    Komentar oleh eka | April 12, 2012 | Balas

  7. saya haid terakhir tgl 26 mei sampai tgl 11 july sy blum jg mens d testpasck udh 3x msh negative kira2 ap sy hamil?ap yg sy harus lakukan tolong penjelasan y txs

    Komentar oleh dewi | Juli 11, 2012 | Balas

  8. Hello very cool blog!! Man .. Beautiful .. Superb .

    . I’ll bookmark your blog and take the feeds additionally? I’m satisfied to search out
    a lot of useful information right here within the
    post, we want develop more techniques in this regard, thank you for sharing.
    . . . . .

    Komentar oleh Kian | Juli 10, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: