Family Blog

Keluarga Bahagia

Teripang yang Bikin Cemerlang

Teripang

Bentuknya mungkin tidak menarik, tetapi kandungannya merupakan makanan bagi otak. Tubuhnya mengkilat dan lunak karena banyak mengandung air. Warnanya yang beda-beda tergantung pada plankton yang dimakan dan lingkungannya. Ada yang hitam mengkilap bila hidup di dasar laut berpasir. Ada pula yang kehijauan jika di sekitarnya berwarna hijau. Beratnya ada yang mencapai 2 kg dengan panjang sampai 60 cm. Hewan lunak yang sering disebut timun laut ini punya nama resmi teripang dan hidup di dasar laut dangkal.

Terdapat kurang lebih 1.000 spesies yang ada di alam, tetapi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan  dan pengobatan tidak lebih dari 40 spesies saja. Salah satu spesies yang memiliki kandungan nilai gizi yang baik adalah jenis teripang pasir (holothuria scraba).

Tidak hanya nikmat karena memiliki citarasa gurih, teripang juga menyimpan sejuta manfaat. Di China, Pemanfaat teripang sebagai pengobatan sudah dimulai semenjak zaman Dinasti Ming.

Untuk tumbuh kembang anak, teripang mengandung hormon steroid yang dapat merangsang pertumbuhan fisik anak. Proteinnya mencapai 82 %, termasuk di antaranya asam amino yang tinggi (arginin, histidin, leusin, fenilalanin) yang dapat menyumbang dampak positif pada kecerdasan anak. Mineralnya seperti kalium, kalsium, zinc, zat besi, fosfor, magnesium dan cuprum juga baik untuk kembang sang buah hati, sama halnya dengan vitamin yang dikandungnya seperti vitamin A, B1, B2 dan B3.

Khasiat Teripang bagi tumbuh kembang anak:

1. Pertumbuhan tulang dan gigi anak.

2. Meningkatkan kecerdasan anak.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Antibakteri dan antifungi.

5. Menyembuhkan luka.

6. Menyembuhkan penyakit degeneratif.

Agar si kecil dapat memetik manfaat teripang, olahlah hasil laut ini menjadi aneka masakan. Bisa ditumis ataupun dijadikan campuran sayur. Gunakan banyak rempah (seperti jahe) untuk mengurangi bau amisnya.

Hindari mengonsumsi dalam bentuk ekstrak kecuali ada indikasi yang bisa diperbaiki oleh kandungannya. Pilihlah teripang yang masih segar ketimbang yang sudah kering, sebab proses pengeringan yang salah dapat menghilangkan kandungan gizinya.

Memilih dan menyimpan teripang:

1. Teripang segar berwarna mengkilat, tidak pucat. Warna kusam menandakan teripang sudah terlalu lama disimpan dan kandungan proteinnya bisa saja rusak.

2. Semakin besar ukuran teripang, semakin baik kandungan gizinya. Menangkap teripang dewasa dan besar dianggap lebih bijak karena memberi kesempatan kepada teripang muda yang masih kecil untuk berkembang biak lebih dahulu.

3. Simpan teripang dalam suhu 4 derajat celcius agar zat-zat gizinya tidak rusak.

4. Hindari mengolah teripang dengan panas tinggi untuk menjaga kandungan gizinya. (Nakita)

About these ads

Juli 19, 2010 - Posted by | Kesehatan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: