Family Blog

Keluarga Bahagia

Tanda-Tanda Kehamilan

Salah satu tujuan dari sebuah pernikahan secara Islam adalah menyempurkan agama yang merupakan sunnah dari Rosul. Dan tujuannya secara umum adalah membentuk suatu keluarga bahagia yang menyamakan setiap perbedaan menjadi suatu persamaan. Bagi sepasang suami istri dalam membentuk suatu keluarga adalah dengan hadirnya sang buah hati. Tak perlu disangkal, bahwa tanpa seorang anak yang menghiasi hari-hati kita, hidup ini seperti sayur tanpa garam dan dunia ini ibarat tidak bercahaya. Bagi pasangan pengantin baru, target utamanya adalah adanya kehamilan agar cepat mendapat momongan, memang tidak semua pasangan yang langsung ingin hamil, ada yang menunda karena alasan karir, ada yang menunda karena alasan tidak senang kepada anak kecil dan ada yang menundanya karena program beberapa bulan setelah menikah.

Semua itu kembali kepada pribadi masing-masing yang menjalani. Sudah siap atau belum, kalau sudah siap apa sih tanda-tanda kehamilan itu yang kasat mata bagi kita semua? Ada beberapa ciri khusus yang dialami beberapa wanita yang mengalaminya di saat awal kehamilan. Memang, bahwa tanda-tanda kehamilan ini tidak semua wanita mengalaminya. Pribadi masing-masing mempunyai gejala yang bervariasi ada yang banyak mengalami tanda-tanda kehamilan, ada yang sedikit, ada yang mengalami gejala ringan dan berat dan ada juga yang tidak mempunyai keluhan sama sekali.


Berikut tanda-tanda kehamilan yang kasat mata:

1. Muncul vlek

Vlek terjadi akibat adanya implentasi / menempelnya embrio pada dinding rahim / uterus. Sebenarnya vlek ini bukanlah haid, tapi bercak darah akibat rahim “ditempeli” embrio, dan pada umumnya vlek ini muncul sedikit serta waktunya lebih pendek dari haid normal.

2. Perubahan pada payudara dan putting

Saat awal-awal kehamilan, payudara wanita yang sedan hamil akan mengalami pembesaran, hal ini disebabkan oleh produksi hormon estrogen dan progesteron yang meningkat dan juga hormon pembentuk ASI mulai bersiap-siap memproduksi cairan susu untuk si bayi kelak. Tidak hanya membesar, payudara juga terasa makin lembut, sehingga sensivitas lebih tinggi dan jika dipegang akan terasa sakit / nyeri. Putting pun akan mengalami perubahan bentuk dengan semakin membesar di daerah sekitar putting yang warnanya akan semakin gelap dan diameternya membesar.

3. Sering buang air kecil

Ketika ibu menyadari bahwa haid sudah terlambat sekitar 2 mingguan, HIV (hasrat ingin vivis) akan menjadi lebih sering insensitasnya dibandingkan hari-hari biasanya.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah ini terjadi setelah beberapa hari setelah pembuahan, hal ini disebabkan adanya peningkatan suatu hormon yang menyebabkan efek pada organ pencernaan sehingga akan menimbulkan rasa mual atau bahkan muntah, yang bahasa bekennya adalah morning sickness. Karena biasanya terjadi pada pagi hari. Dan setelah memasuki trimester 2. mual dan muntah akan menghilang dengan sendirinya.

5. Gigi

Sebelum kehamilan, tidak ada keluhan soal gigi, tapi semenjak hamil, ada beberapa kasus ibu hamil yang mengalami pembengkakan pada gusi bahkan gusi berdarah. Sebaiknya, ibu yang sedang hamil harus rajin dan rutin untuk memeriksakan kondisi giginya ke dokter.

6. Alat testpack

Ini upaya yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk memastikan hamil / tidaknya. Lakukan testpack ketika pagi hati saat bangun tidur. Jika kurang yakin lakukan sebanyak 2 – 3 kali dengan pemakaian produk yang berbeda. Alat terstpack ini berfungsi untuk mengukur hormon HCG yang terdapat dalam darah dan urine.

November 3, 2009 - Posted by | Kehamilan

3 Komentar »

  1. nice info>>>tq

    (thank’s……semoga bermanfaat)

    Komentar oleh delianadonata | November 20, 2009 | Balas

  2. Kalo udah telat 2 minggu, udah ditest negatif, tapi blum mens juga itu gimana?
    (telah haid belum tentu 100% hamil. dapat juga dari banyak faktor contohnya, pikiran, kecapaian atau penyakit. alat tes pun tidak menjamin seseorang itu hamil atau tidak. jika udah 2 minggu blm haid, coba periksa ke dokter ahli kandungan)

    Komentar oleh dicky | Januari 18, 2010 | Balas

  3. saya mau tanya..mens saya tidak teratur.terakhir saya keguguran tgl 5/5-2011 setelah itu mens saya jarang,,saya testpack tgl 9/9 ternyata positif hamil, saya periksa dokter kelihatan titiknya..lalu tgl 4/10-2011 ada keluar segumpal darah dan di usg lum keliatan janinnya..pertanyaan saya: berapa usia kehamilan saya karena tidak teraturnya mens saya? Lalu kenapa diusg lum keliatan ya? Apakah bahaya pendarahan saya itu? Saya disuruh balik lagi minggu depan oleh dokter,,saya jadi deg2an…

    Komentar oleh erpis | Oktober 9, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: