Family Blog

Keluarga Bahagia

Latihan Yoga Untuk Anak

Yoga ternyata bukan hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja, namun anak-anak pun bahkan balita dapat berlatih yoga, tetapi untuk anak hanya difokuskan pada asana (postur yoga) dan pranayana (teknik pernapasan). Sedangkan untuk yama (ajaran dalam bersosialisasi) dan niyama (disiplin individual dan penyucian diri) diajarkan secara step by step (perlahan-lahan).

Yoga untuk anak dan balita cukup dilakukan dirumah saja yang tentunya harus ada instruktur atau orang yang ahli dalam yoga. Gerakan-gerakannya pun juga dibuat seperti bermain atau bercerita, tujuannya adalah agar anak lebih fun aja dan tidak cepat bosan. Dengan gerakan yang simpel, serta juga berimajinasi dalam mengekspresikan gerakan yoga yang ada sekitar 200 postur yang terinspirasi dari alam. Namun bagi anak-anak tidak semua 200 postur dalam yoga dilakukan, hanya beberapa saja, contohnya mengikuti gerakan kupu-kupu atau yang lain.

Apa saja manfaat yoga bagi anak-anak?

1. Dapat menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh. Secara emosional, si anak lebih stabil, happy, tidak stress, tidak gampang sedih atau marah dan lebih percaya diri.

2. Dapat membentuk struktur tulang, badan jadi lebih fleksibel, kuat dan otot-otot tumbuh dengan baik.


3. Dapat membantu otot-otot tubuh bekerja dengan baik dan interaksi antar organ seperti tekanan darah, detak jantung, sistem pernapasan menjadi lebih baik.

4. Dapat membantu kecerdasan anak, karena dengan yoga bisa menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan kiri. Koneksi antara masing-masing fungsi otak pun jadi lebih baik.

5. Dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh.

6. Dapat melatih konsentrasi atau fokus pada suatu hal

7. Dapat menunjang aktivitas fisik atau olahraga lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari yoga, sebaiknya latihan yoga dilakukan secara rutin dan teratur sejak usia dini.

Apa saja persiapan-persiapan sebelum yoga?

1. Pilih ruangan yang hangat dengan cahaya penerangan yang baik, jangan ada objek seperti TV yang nantinya dapat memecah perhatian si anak.

2. Memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat.

3. Lebih diutamakan menggunakan matras, agar kedua kaki dapat menapak dengan baik dan kokoh.

4. Siapkan musik yang fun dan riang sesuai dengan selera anak untuk sesi asana. Tidak harus musik yang soft atau slow, karena musik sebenarnya hanya dibutuhkan untuk menciptakan mood agar merasa rileks dan tenang.

5. Siapkan boneka atau bantal lembut untuk sesi pranayana.

6. Kosongkan perut minimal 1 jam sebelum yoga. Diperbolehkan mengisi perut dengan minum dan makan makanan kecil tapi jangan terlalu kenyang karena selama ber yoga, energi prana (energi dalam yoga) sedang bekerja, jadi kalau diselingi dengan minum dan makan akan menggangu bekerjanya energi tersebut. Dan setelah yoga, sebaiknya tidak langsung makan besar. Biarkan semua organ tubuh settle down setelah yoga diperbolehkan untuk makan camilan.

November 4, 2009 - Posted by | Kesehatan, Olahraga

3 Komentar »

  1. latihan yoga memang sehat dan mempunyai banyak manfaat.

    Ayo semuanya latihan yoga!😀

    soalnya saya jual video yoga sih😛 hehehe
    (Semoga bisnis lancar :P)

    Komentar oleh video yoga untuk pemula | April 29, 2010 | Balas

    • mau bli video yoga yg buat anak2 balita ada,hub kemana?

      Komentar oleh shofia | Oktober 29, 2012 | Balas

  2. Bagaimana cara menenangkan anak yang suka berlari-lari ketika akan di ajak ber-yoga?

    Komentar oleh Tips Langsing | Desember 24, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: