Family Blog

Keluarga Bahagia

Si Prasekolah Susah Bangun Pagi

Tidur Anak

Kadang para ibu tidak tega jika ingin membangunkan anaknya yang prasekolah di pagi hari. Banyak yang berpendapat, “kasihan jika dibangunin, masih ngantuk”. Padahal jika Ibu tahu, bangun pagi itu ternyata dapat meningkatkan semangatnya beraktivitas lo, bukannya jadi males-malesan lalu tiap hari tiduran melulu.

Apa mungkin karena tidur yang larut malam si anak jadi susah untuk bangun pagi? Sebaiknya, biasakan si prasekolah ini agar punya jadwal untuk segera beranjak tidur. Satu hal yang penting, mereka tetap memiliki waktu tidur yang cukup dan tidurnya pun berkualitas. Memang tidak bisa memaksakan jam anak untuk segera tidur, tapi paling tidak dari satu kebiasaan, maka selanjutnya si anak akan menjadi terbiasa.

Apa manfaat dari bangun pagi?

Satu hal adalah agar anak tidak terlambat untuk masuk sekolah dan sarapan sebelum beraktivitas. Manfaat lain adalah agar tekanan darah yang terjadi saat tidur bisa cepat mengalir normal karena gerak tubuh. Bahkan, secara medis, bangun pagi juga dapat mengurangi kecenderungan terserang penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah.

Karena lebih banyak kadar oksigen dalam darah, maka proses peredaran darah akan lebih mudah didistribusikan, sehingga menimbulkan sensasi kesegaran pada tubuh yang dapat menimbulkan mood baik dalam menjalani seluruh aktivitas. Dalam tinjauan psikologi pun, aktivitas bangun pagi dapat meningkatkan produktivitas, bahkan disiplin pribadi. Dengan bangun pagi, anak akan memiliki kesempatan lebih banyak guna mengalokasikan waktu yang dimiliki untuk aktivitas belajar, menjalankan rutinitas dengan tidak terburu-buru, dan manfaat lainnya.

Juli 16, 2010 - Posted by | Balita

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: