Family Blog

Keluarga Bahagia

Merangsang Nafsu Makan Anak

Makan Anak

Bila anak tidak mau makan, jangan terburu-buru memberi obat penambah nafsu makan. Coba lihat dulu, atau tanyakan kepada si anak kenapa dengan pola makannya yang agak bermasalah.

Bagi para ibu, jika anaknya sulit makan akan menjadi pikiran, kepala jadi pusing, hati pun jadi jengkel. Bayangkan saja untuk menghabiskan satu piring nasi/setengah porsi besera lauknya butuh satu jam atau lebih untuk melicinkan piringnya. Itu pun juga masih dipancing dengan berbagai cara, sambil bercerita, bermain, atau jalan-jalan di sekitar rumah untuk memancing perhatiannya agar cepat dikunyah dan ditelan makanannya.

Jadi bagaimana agar nafsu makan anak tidak bermasalah? Untuk penggunaan obat penambah nafsu makan bukanlah  satu-satunya jalan pintas yang harus ditempuh. Itu pun juga sebaiknya harus mengikuti dari saran dokter, karena banyak obat penambah nafsu makan justruk bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan si anak.

Sebagian besar obat penambah nafsu makan yang ditarik dari peredaran memang termasuk bahan (obat) yang mengandung antihistamin. Tak jarang bahkan digabung dengan bahan lain yang justru berlawanan sifatnya. Efek yang ditimbulkan pun patut dicatat, mungkin anak jadi suka mengantuk, mulut kering, dan efek samping lainnya yang biasa ditimbulkan oleh antihistamin.

Selain itu, ada juga obat penambah nafsu makan yang justru menekan atau mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan anak. Ini jelas berakibat tidak baik pada anak karena proses tumbuh kembangnya bisa terhambat. Untuk itu, hati-hati menggunakan obat penambah nafsu makan yang bisa dibeli bebas tanpa petunjuk dokter.

Upaya memakai berbagai jenis obat untuk mengatasi menurunnya nafsu makan anak , sedapat mungkin dijadikan sebagai cara yang terakhir. Selama masih dapat diatasi dengan cara lain, mengapa tidak dicoba dulu? sebab, mungkin saja si anak tidak mau makan karena merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Bukan hanya orang dewasa saja, anak pun juga punya selera dan makanan kegemaran. Jika si anak tidak mood untuk makan menu yang satu, coba disediakan menu yang kedua. Atau bisa juga ditambah dengan variasi, misal, jika telor, bisa telor dadar, ceplok, kecap, semur, orak-arik atau dengan variasi telor di buat seperti boneka dengan diberi mata, hidung, mulut maupun telinga dan rambut. Dan agar tidak membosankan, bisa juga diberi warna, aroma juga tempat makannya yang berbentuk lucu.

Sumber karbohidrat mungkin juga bisa dibuat bervariasi. Tidak hanya terus-terusan nasi, bisa juga diganti kentang, roti, macaroni yang dibuat sedemikian rupa sebagai pengganti nasi, yang penting kebutuhan energi anak terpenuhi karena mereka memerlukan sumber energi yang cukup banyak. Demikian juga dengan sumber protein dari ikan, daging, kuning telor, tempe ataupun tahu.

Sebenarnya cukup banyak cara yang bisa ditempuh orangtua untuk membantu membangkitkan selera makan anak. Lakukan dengan cara yang alami terlebih dahulu. Kalaulah memang dirasa perlu memberikan obat atau vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makannya, gunakan dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Dan ingatlah, jangan sembarang memberikan obat atau vitamin agar aman, sebisa mungkin tanyakan pada ahlinya, agar para orangtua tenang dan nyaman.

About these ads

Juli 27, 2010 - Posted by | Balita, Batita

34 Komentar »

  1. anak saya 1 tahu setengah dia susah untuk makan…saya risau sbab makan dia tak nak..ada tak cara macam mana nak bg dia selera makan..

    Komentar oleh nia aiena | Oktober 20, 2010 | Balas

  2. trimkasih

    Komentar oleh erna | Desember 27, 2010 | Balas

  3. ini anak saya sejak 7 bulan sehingga hari ini 1 tahun 3 bulan,, langsung tiada selera makan nasi atau bubur.. cara saya memberi makan adalah secara paksaan..sehinggakan anak saya menangis..betul2 tidak mahu membuka mulut.. vitamin sda ada tapi tetap sama jga..tapi kalau mee goreng instant dia suka makan..saya kuatir..kerana bukankan mee goreng instant ini tidak baik dmakan selalu oleh kanak2??

    Komentar oleh ashilah | Februari 13, 2011 | Balas

  4. Setuju bahwa vitamin penambah nafsu makan bukanlah solusi yang dapat diterapkan tanpa konsultasi dengan dokter yang benar-benar peduli pada kesehatan anak.

    Sumbang saran: coba duduk bersama si kecil untuk menyaksikan VCD kisah sayur-sayuran, atau tokoh super yang makan sayur/wortel seperti Popeye The Sailor Man :)

    Komentar oleh Natalia Ina | Mei 12, 2011 | Balas

  5. vitamin nafsu makan yang aman adalah Walad Propolis, silahkan cek di
    madu anak dot kom

    Komentar oleh iman | Oktober 25, 2011 | Balas

  6. trims infonya!! anak saya korban dikasih obat nafsu makan malah jd g mau makan skrg, yg dirasa smua makanan pahit katanya!!

    Komentar oleh aie saripah | Desember 16, 2011 | Balas

  7. Anak sy laki2 skrng usianya 15 bln, mknnya susah bngt padahal wkt bayi mau mkn bnyk tp skrng malah ga sm se x, sy jd bngung

    Komentar oleh melianah | Februari 23, 2012 | Balas

    • anak untiuk usia 15 bln memang wayahnya agak sush makan, karena masa usia segitu anak kita cenderung lebih aktif sehingga membuat mut makan anak berkurang. coba ibu berikan susu utk anak susah makan seperti bebelac complete,mudah2an bs berhasil

      Komentar oleh devi | April 2, 2012 | Balas

  8. Anakku pakai vitamin ‘kurkur’ jadi tambah gemuk, coba deh, jualnya secara mlm jadi ga ada di apotik kalau mau hub 087830093806 rp50rb per btl di tokobagus ada iklannya

    Komentar oleh Anto | Maret 29, 2012 | Balas

    • no hp yg jual kurkur 087730202065
      di tokobagus kata kunci ‘kurkur tegal’
      yg nomor lama keblokir ga bisa buat bales sms bisanya buat telpon

      Komentar oleh anto | April 13, 2013 | Balas

  9. kadang anak tidak nafsu makan karena unsur psikologi, misalnya tidak mendapat perhatian penuh dari ortu sehingga “memancing” perhatian ortunya dengan ngambek makan, ada juga yang bersifat akut karena tanda tanda suatu penyakit terutama dari saluran pencernaan

    Komentar oleh lia | April 13, 2012 | Balas

  10. kalo diberikan vegeblend 21 junior boleh tdk? katanya itu bisa menambah nafsu makan anak secara bertahap..

    Komentar oleh lestari | April 13, 2012 | Balas

    • anakku diberi vege tetap aja tdk gemuk tp sejak diberi kurkur anak saya jarang skt sehat nafsu makannya banyak kurkur tdk bikin gemuk silakan coba mau pesan hub 083837087970 atau 087830093806 kmi sering mengirim keluarkota

      Komentar oleh lanny | Juli 9, 2012 | Balas

  11. anak saya umur 11th tapi porsi makannya kayak anak tk.

    Komentar oleh evi | April 19, 2012 | Balas

  12. Sangat bermanfaat.
    Blog ini cukup ramai sekali, penataannya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula, sungguh sangat sempurna !!! Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih.

    Komentar oleh Super Ampuh | Juni 22, 2012 | Balas

  13. Anak saya bisa makan kalo liat kebo makan…knp ya

    Komentar oleh Anita | Juni 27, 2012 | Balas

  14. Kasih emrin pasti beres…he he dan bikin lg dwech

    Komentar oleh Anita | Juni 27, 2012 | Balas

  15. anak saya susah banget makanya maunya jajan ajh anak saya umur 11th dibentak dulu baru mau makan tolong beri thips nya ya mbak

    Komentar oleh mulya sari spd | Juli 10, 2012 | Balas

  16. Aduh anak saya dr umur 9 bulan sampai skarang sdh 7 thn lebih sdh SD kelas 1 susah skali makn dan minum susu selama ini saya slalu memaksakan solusinya apa yach kasian ank saya badannya kecil aq jga bingung mau ngasi apa tp klo mie goreng dan jajan mau di makan kenapa ya?……………….

    Komentar oleh netty tahir | Juli 13, 2012 | Balas

  17. anak sya ga mau mkan klo mkan dilepehin lg diksh ap yah kra2 sy ksian ngliatny yg seumran ma ank sy gmuk dn brisi cm ank sy yg kcl dan krus

    Komentar oleh nia | Juli 25, 2012 | Balas

    • Ibu Nia, coba beri dia minum air rebusan cacing tanah, atau cacingnya di cincang2 rebus bersamaan dgn beras beri garam sedikit biar ada rasa manis dilidahnya buatkan dia nasi khusus yang ini. Cacing tanah obat unutk menyembuhkan tipes, nggah usah dikeluarin tanah dalam perut cacing karna tanah dlm perut cacing tanah. slamat mencoba ya bu. moga anaknya ngga susah makan lagi

      Komentar oleh Margareth-Labuan Bajo-Manggarai Barat-Flores-NTT | Agustus 2, 2012 | Balas

  18. Memaksa anak untuk makan memang membuat ibu pusing dan kesal sampai-sampai cara kekerasanpun dilakukan.apalagi kalau melihat anak-anak tetangga seusianya pada gemuk-gemuk. Anak saya dulu juga demikian. Walau saya harus terlambat kantor Saya mencoba dengan berbagai cara, saya mulai menjaganya makan sambil berceritra atau bertanya tentang pengalaman dia saat bermain dengan teman2nya,terus sambil memperhatikan makanan yang ada dlm mulutnya, selalu mendorong dia untuk mengunyah makanan dengan perkataan “ayo sambil dikunyah makannya tuh biar giginya putih cling seperti yang diiklankan dlm tv dan juga biar mama tidak telat kantor dan tidak dimarahi bos mama”. atau “Lihat tuh adek punya makanan hampir abis masa kakak kalah sama adik” Saya berusaha untuk tidak mencubitnya lagi, walau itu terasah berat , lama kelamaan anak saya bisa makan tanpa harus di jaga lagi. Tks

    Komentar oleh Margareth Alakok | Agustus 2, 2012 | Balas

  19. Anak sya dari umur 1 thn sampe sekarang 4,5th mkn d emut pe pjam2 makan 1 entong aja,pe gi2y habis semua.tlong dunk bgmn solusiy biar g d emut makany.thank

    Komentar oleh Nurul | Oktober 7, 2012 | Balas

  20. Anak saya (2 thn)sebelumnya lumayan suka makan tapi sejak minum obat antibiotik untuk menyembuhkan matanya yang bintitan kok jadi susah makan, apa itu pengaruh antibiotik yg diminumnya ya?

    Komentar oleh wiwi widya | Oktober 23, 2012 | Balas

  21. anak saya usiany 13bln,sampai sekarang ini sama sekali tidak mau makan dan minum susu,cuman asi dia mau nya,kasih solusinya y

    Komentar oleh yurinita | November 14, 2012 | Balas

  22. anak saya umur 6 tahun mau makan tapi mesti disulangi,klu makan sendiri dia gak mau,knapa gitu ya, manja kali sama umminya…..

    Komentar oleh ummu rasyid | November 30, 2012 | Balas

  23. sulusi;bagi ibu yg anaknya susah makan coba aja kasih madu scara tratur,insyaallah anak akan mau makan…

    Komentar oleh ummu rasyid | November 30, 2012 | Balas

  24. anak saya umurny 1 tahun 4bln makannya agak susah tapi aktifnya minta ampun gimana cara mengatasi supaya nafsu makannya bagus

    Komentar oleh alik | Desember 21, 2012 | Balas

  25. anak saya umurnya 2 tahun susah sx di suruh makan, malahan setiap diajak makan sering rewel, bagaimana ya mengembalikan nafsu makan anak saya lg seperti semula

    Komentar oleh recha yeni | Januari 9, 2013 | Balas

  26. no hp yg jual kurkur 087730202065
    di tokobagus kata kunci ‘kurkur tegal’
    yg nomor lama keblokir ga bisa buat bales sms bisanya buat telpon

    Komentar oleh anto | April 13, 2013 | Balas

  27. Greetings, I’m Jame and I’m really pleased that I came upon wordpress.
    com. If you don’t mind, I just have one quick question. I was curious to find out how you center yourself and empty your mind before writing. I have had difficulty clearing my mind in order to get my ideas out. I definitively do like writing, however it just seems like the first ten to fifteen minutes are lost merely just trying to determine how to begin. Do you have any suggestions or methods?

    Komentar oleh Jame | April 24, 2013 | Balas

  28. Coba langsung saya praktekkan
    Indahnya saling berbagi

    Komentar oleh Kulit Bayi Sensitif | Juni 26, 2013 | Balas

  29. These last 7 months my son to this day 1 year 3 months, there was no appetite to eat rice or porridge .. My way is by force feeding my son cry .. so .. betul2 not want to open his mouth .. vitamin sda there but still the same .. but if jga fried instant noodles she loves to eat .. I’m anxious .. because Is not this instant fried noodles is not good dmakan always by kanak2………..

    Komentar oleh Tumbuh Gigi Geraham | Agustus 6, 2013 | Balas

    • Ini 7 bulan terakhir anak saya sampai hari ini 1 tahun 3 bulan, tidak ada nafsu untuk makan nasi atau bubur .. Cara saya adalah dengan paksa makan anak saya menangis .. jadi .. betul2 tidak ingin membuka mulutnya .. vitamin sda ada tapi masih sama .. tetapi jika jga goreng mie instan dia suka makan .. Aku cemas .. Bukankah ini karena mie goreng instan tidak dmakan baik selalu oleh kanak2?

      Komentar oleh Perhiasan Untuk Ibu | Agustus 6, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: